Resep Martabak Manis Pandan/Terang Bulan Tetep Empuk Meski Dimakan Besoknya by Xenia Sari

Resep Martabak Manis Pandan/Terang Bulan Tetep Empuk Meski Dimakan Besoknya by Xenia Sari

dri dlu nyari” resep yg cocok bikin martabak akhirnya nemu yg cucok dan pas bnget smpai berkali” bikin saking senengnya krna bisa bersarang, berserat dan jg empuk menul” hihihi πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† .ketemulah resep dri mba Susie agung hehe πŸ‘Œ

Bahan-bahan
240 gram terigu serbaguna(segitiga biru)
10 gram susu bubuk(aku pke dancow)pke santan bubuk jg bisa
80 gram gula pasir
1 sdt pasta Pandan/ bs jg pke jus Pandan asli
1 butir telur kocok lepas
1 sdt BPDA lbih Bagus
1/4 sdt garam
350 ml air/pke santan cair atau susu cair jg bisa
secukupnya gula untuk taburan
secukupnya butter/margarin untuk olesan

Topping :
sesuai selera masing” keju/SKM/kacang sangrai/meses
Bahan tambahan perloyang :
1/4 sdt baking soda
1/4 sdt baking powder

Langkah

Siapkan wadah masukkan tepung terigu,susu bubuk & baking powder,aduk rata(ayak bila perlu),tambahkan gula dan garam,sisihkan

Campur air dngan pasta Pandan dlm gelas,aduk rata lalu tuang ke dlam campuran tepung

Tambahkan kocokan telur,aduk dan kocok sbntar adonan dngan whisk smpai rata.Tutup dngan plasti wrap atau serbet bersih,diamkan selama 1 jam

Bagi adonan jadi 2 bagian,panaskan teflon sesaat sebelum adonan di tuang beri baking soda + baking powder aduk rata

Tuang adonan ke atas teflon,tggu smpai berlubang” atau berpori taburi gula pasir,tutup teflon masak dngan api kecil hingga matang

Angkat martabak,segera oles dngan butter/ margarin lalu beri topping sesuai selera masing”,potong” sesuai selera,martabak manis siap menggoyang lidah πŸ˜‹πŸ‘Œ

Hhmmmm enyaakk enyaakk,wangi harum pandan,lembut,empuk pula πŸ˜πŸ˜πŸ˜‹πŸ˜‹
Menul”,ini slah satu jajanan favorit jaman dlu hihi πŸ˜„πŸ˜„
Di simpan smpai besok pun..Msih tetap empuk loo..Bneran deh sueerrr βœŒπŸ˜„πŸ˜†cocok bnget aku sm resep ini πŸ‘ŒπŸ˜

Resep Putu Ayu Ubi Ungu by Hanhanny

Resep Putu Ayu Ubi Ungu by Hanhanny

Punya Ubi Ungu,Rencana mo bikin Klepon Ubi Ungu ehh liat stok gulamerah lgi menipis,ubah haluan dibikin putu ayu aj,rasanya ngga klah enak dgn putu ayu hijau pandan,lembut ubinya berasa dan jadi cantik warnanya,lumayan dapat 24 buah,puas deh makannya hehe… πŸ’œπŸ˜ŠπŸ’œ

Bahan-bahan

150 gr ubi ungu yg sudah dikukus dan dihaluskan
150 gr tepung terigu protein sedang
150 gr gulapasir
150 ml santan sedang
1 sdt ovalet
1/2 sdt garam
2 butir telur
1 tetes pewarna ungu (biar warna ungunya mkin cerah)
1/2 butir kelapa Segar yg sedang,kupas kulit arinya sampai putih bersih,parut dan kukus,campurkn sejumput garam dan 1 lmbar daun pandan
Cetakan Kue Putu Ayu
secukupnya Minyak goreng

Langkah:

Dalam Wadah masukan telur,gulapasir,garam,ovalet kocok sampai lembut,putih berjejak.
Masukan sdikit dmi sdikit tepung terigu,santan,ubi ungu,setetes pewarna ungu,aduk sampai smuanya tercampur rata.
Panaskan Dandang dan alasi serbet tutupnya.
Olesi tipis merata Cetakan dgn minyak goreng .
Ambil Cetakan,isi secukupnya dgn kelapa parut,tekan2 perlahan biar padat.
Masukan Adonan,isi smpai memenuhi cetakan.
Kukus dgn Api Sedang,kurleb 20 mnit
Angkat dan Keluarkan Putu Ayu Dari Cetakan,Siap Di Sajikan.

Makan 1 potong,mana cukup…hihiii….😊

Resep Bolu Apem Pandan Lembut dijamin enak dan mudah by Adji Dara Permana

Resep Bolu Apem Pandan Lembut dijamin enak dan mudah by Adji Dara Permana

Rasanya mirip apem tapi teksturnya bolu, enaak banget bikin nagih gak cukup sedikit.

Bahan-bahan
250 gr tepung terigu
7 sdm penuh gula pasir
1 sdt fermipan (ragi instan)
3 sdm minyak goreng
secukupnya garam
400 ml santan hangat (suam kuku)
secukupnya pasta pandan

Langkah
Masak santan sampai mendidih, sisihkan sampai hangat suam2 kuku, tidak boleh panas2 dimasukan ke adonan nanti jadi gak ngembang adonannya. Kalau pakai santan instan pakai 2bks kecil larutkan dengan air 400ml lalu rebus. Beri garam sedikit.

Masukan tepung, garam sedikit (saya pakai 1 sdt), gula pasir, minyak goreng, fermipan, santan hangat dan pasta pandan, Aduk manual pakai sendok sampai rata dan halus, tepung tidak menggumpal.

Tutupi dengan kain bersih, Diamkan di suhu ruangan selama 2 jam. Hasil jadinya seperti foto, berbuih dan lengket jadi adonan.

Olesi loyang dengan minyak, tuang adonan, kukus kira2 30 menit dengan api sedang, bungkus tutup kukusan dengan kain bersih.
Selamat mencoba 😊😊

Resep Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Legit. Jajanan Legendaris by Bunda Diyah Kuntari

Resep Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Legit. Jajanan Legendaris by Bunda Diyah Kuntari

Sebenarnya resep ini saya dapatkan dari mba ita dapur griya khayangan, lalu saya modif gulanya pakai gula merah dan airnya pakai air santan. tapi kalo bunda pengen kue cucurnya berwarna yang bunda dan keluarga inginkan, bisa bunda ganti gulanya dengan gula pasir dan juga airnya diganti dengan air pandan suji atau pasta pewarna makanan lain ya

Kue Cucur by Diyah Kuntari

Bahan Bahan

  • 500 ml air santan (1 bungkus santan kara yang 65ml+air)
  • 2 lembar daun pandan lalu potong-potong
  • 300 gram gula merah
  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kue Cucur by Diyah Kuntari

Rebus santan dengan gula dan daun pandan, lalu setelah gulanya larut, segera angkat dan biarkan hangat

Saring air gula tersebut, lalu tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam baskom yang berisi tepung beras, terigu dan garam sambil diaduk menggunakan whisker.

Lakukan terus pengadukan sampai air gulanya habis dimasukin. (Diresep aslinya dikeplok sampai 20 menit tapi kalo saya tidak nyampe 20 menit. saya juga tidak di diemin dulu selama 6 jam jadi langsung proses penggorengan)

Adonannya encer bund ya

Panaskan wajan khusus penggorengan, jelek juga tidak apa-apa hehe maksudnya yang udah biasa dipake buat nggoreng..kenapa? Karena biar ngga lengket kuenya. (Saya pakai wajan yang ukuran kecil)

Tuang adonan kira-kira 5-6 sendok makan minyak ke dalam wajan, lalu ambil 1 sendok sayur adonan kemudian tuangkan tepat ditengah-tengah wajan, dan goreng di atas api kecil.

Sirami/tetesi bagian tengah cucur dengan minyak panas yang ada di wajan pake sutil. lalu setelah matang angkat dan tiriskan di atas kertas atau tissue

Bikin lagi cucurnya, dan sesekali minyaknya ditambah sampai volume 5-6 sendok makan bund ya, supaya minyaknya tidak sedikit dan juga tidak kebanyakan

Selamat mencoba!….

Resep Kue Bolu Sirup ABC. Kue Kesukaanku Waktu Kecil. Rasanya Enak, Empuk dan Seger :)

Resep Kue Bolu Sirup ABC. Kue Kesukaanku Waktu Kecil. Rasanya Enak, Empuk dan Seger :)

Ini kue kesukaanku waktu kecil. Rasanya seger tapi tidak kecut walaupun memakai sirup jeruk lumayan banyak. Kalo versi sekarang banyak yang menggunakan sari jeruk bubuk…tapi I personally like this better. Kalo dipikir-pikir resep kue ini agak aneh. Dia tetap fluffy walaupun ada cairan di adonannya. Yang penting bahan-bahan yang dipakai seger dan tidak dari kulkas. Mixernya juga harus berfungsi dengan baik…karena mixer yang sudah lemot tidak akan menghasilkan adonan yang kental. Cake di atas aku bikin setengah resep dari resep di bawah ini. Tekstur cake ini lembut, ringan dan springy kalo ditekan.

Kue Bolu Sirup ABC by. Tiny mama’e Ayla

Bahan Bahan

  • 6 butir telur
  • 1 gelas gula pasir
  • 2 sachet SKM/susu kental manis
  • 1 sendok teh SP
  • 2,5 gelas terigu
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 70 ml minyak bimoli
  • 70 ml syrup squash delight ABC rasa jeruk

Cara Membuat Kue Bolu Sirup ABC by. Tiny mama’e Ayla

Mixer telur, dengan gula pasir, baking powder dan SP hingga memgembang putih berjejak.

Masukkan SKM/susu kental manis, minyak, sirup abc mixer lagi hingga rata.

Masukkan tepung aduk balik menggunakan sputula atau mixer kecepatan paling hingga rata.

Panaskan terlebih dahulu oven y bunda.

Panggang adonan di dalam oven hingga matang kurang lebih selama 35 menit.

Selamat mencoba
Resep Rahasia Singkong Keju Goreng..Crispy di Luar..Empuk dan Gurih di Dalam!

Resep Rahasia Singkong Keju Goreng..Crispy di Luar..Empuk dan Gurih di Dalam!

Singkong melepuh?.. hayo apa!… dalam bahasa Jawa biasa di sebut singkong goreng yang mlethek mlethek/meka! Olahan singkong goreng ini beberapa waktu lalu sangat popular, sampai di jadikan jajanan, biasanya memakai gerobak dan di jual dipinggir-pinggir jalan. Biasa di kenal juga namanya singkong keju. Terus apa bedanya antara singkong goreng keju ini dengan singkong goreng biasa pada umumnya? Singkong goreng keju ini luarnya terlihat garing, namun didalam teksturnya itu lembut, dan empuk banget ketika di makan.

Singkong goreng keju ini berasal dari Bandung, sudah biasa mungkin untuk warga Bandung karena kota tersebut selalu berinovasi dalam resep-resep jajanan pasar yang unik, Nah waktu aku baca di kabar berita ada salah satu penjual singkong keju yang cukup terkenal di kota Bandung, menjelaskan bagaimana proses menggoreng singkong supaya merekah seperti itu, dia berkata cara membuatnya cukup mudah dan simple hanya di goreng dua kali saja, yang pertama di goreng setengah matang, setelah itu di rendam di dalam air dingin yang sudah di kasih bumbu.

Di keesokan harinya aku mencoba bikin singkong keju dengan tips di atas, karena jiwa penasaranku muncul, namun setelah aku coba ternyata tidak melepuh singkongnya sampai aku tunggu beberapa jam loh bund. dan akhirnya dalam perasaan kecewa aku kukus saja bentar singkong tersebut lalu aku rendam di dalam air dingin yang sudah di kasih bumbu tadi dan alhamdullilah tidak sampa 1 jam singkongnya sudah merekah dan melepuh begitu saja..horeeee.

Dari dulu sebenarnya kalau aku mengolah singkong goreng supaya tersa empuk suka dan selalu dikukus dulu sebelum di goreng. Tapi si penjual singkong tadi tidak salah semuanya penuturan di kabar berita itu, tipsnya yang harus di rendam di dalam air dingin itu memang benar karena akan menjadi singkong yang kita goreng bisa lebih merekah/mekar.

Dan hasil akhirnya alhamdullilah rasanya enak binggo singkong gorengnya bunda, terasa garing di luar dan tersan lembut di dalam setelah di gigit serta bumbunya itu meresap dengan sempur eummm yummmy deh pokonyaaa.

Bahan – bahan:

Singkong sebanyak 500 gram
Bahan bumbu

3 siung bawang putih 3 siung
1 sendok teh ketumbar
Garam secukupnya
Air dingin / es untuk merendam singkong

Cara Membuat Singkong Goreng Keju:

Kupas 500 gram singkong tersebut dan bersihkan, lalu kukus hingga setengah matang saja, dan jangan sampai lembek bunda ya.
Setelah di kukus setengah matang langsung rendam di dalam air dingin yang sudah di campur dengan bumbu-bumbu dan garam secukupnya hingga singkongnya terendam penuh, rendam sampai singkong merekah.
Apabila singkong sudah terlihat merekah angkat dan tiriskan lalu goreng di atas minyak yang panas menggunakan api sedang sampai warnanya kuning kecoklatan dan dibagian luarnya terlihat kering.
Angkat dan sajikan selagi masih hangat dengan keju parut atau sambal terasi juga enak lho bund jika suka hehhe…
Selamat mencoba!… Jangan lupa bagikan resepnya ke teman bunda yang lain melalui sosial media yang bunda gunakan

Flourless Marshmallow Crunch Brownies

Flourless Marshmallow Crunch Brownies

These are delicious!! We made them for Thanksgiving this year and they will be a star in my recipe book from now on.. πŸ™‚
Flourless Marshmallow Crunch Brownies
For the Brownies*:
2 cups white sugar
3/4 cup vegetable oil
4 large eggs
2 teaspoons vanilla
1 1/2 cup dark cocoa powder
1/4 teaspoon salt
1/2 cup chocolate chips or chopped chocolate

For the Topping:
1 bag mini marshmallows (10.5 oz. or 5.5 cups)
2 cups chocolate chips (or chopped chocolate)
1 1/4 cups peanut butter
5 tablespoons butter
3 cups Rice Krispies, gluten free if needed (I actually used Cocoa Krispies because I strangely can’t find plain here. Not complaining.)

 

Preheat the oven to 350Β°F. Lightly grease a 9×13 inch baking pan.
Combine the sugars and oil and beat until well combined. Add in the eggs and vanilla and whisk together. Beat for about two minutes.
Add the cocoa powder and salt to the batter and blend until smooth. Fold in the chocolate chips. Pour into prepared pan.
Bake the brownies for about 17 minutes and then top with the marshmallows. Continue baking 8 more minutes (if using a different recipe for the brownies, just make sure you add the marshmallows during the last 8 minutes of bake time). Allow to cool while you prepare the topping.
For the topping, combine the chocolate chips, peanut butter, and butter in a microwave safe dish. Microwave thirty seconds at a time, stirring at each interval, until smooth and melted. Fold in the Rice Krispies.
Lay dollops of the topping evenly across the top of the cooled brownies and then spread to cover the entire top. Wait until completely cooled to cut. You can keep these in the fridge for a chewier crispier brownie or on the counter for a gooier brownie.

Note: I halved the recipe and used a 9×9 inch pan (a strange European size), so my brownies were a little bit thin.