Ini Dia 9 Ciri Istri yang Menjadi Pengundang Rezeki Suami

Ini Dia 9 Ciri Istri yang Menjadi Pengundang Rezeki Suami

Menjadi istri adalah salah satu peran yang sangat penting dalam kehidupan seorang wanita. Ketika ia mendapatkan peran tersebut, maka hidup seorang wanita tidak pernah sama lagi. Ia kini memiliki tanggung jawab dan kemuliaan baru. Bukan hanya menjadi ladang pahala untuk suaminya saja, seorang istri juga menjadi jalan pembuka pintu rezeki. Di dalam agama, menikah adalah sunah hukumnya. Di dalam ikatan pernikahan, rezeki baru terbuka untuk kedua mempelai. Allah SWT akan senantiasa untuk mencukupkan rezeki pasangan yang sudah menikah, meskipun hanya salah satu saja dari keduanya yang bekerja.

Membuka jalan rezeki dalam #pernikahan tidak hanya dilakukan dengan bekerja saja. Namun juga dengan memperbaiki ibadah dan akhlak, serta senantiasa melakukan kebaikan, sehingga dengan mudah rezeki akan datang dalam sebuah keluarga.

Istri Bisa Menjadi Pembuka Rezeki untuk Sang Suami

Suami dan istri bekerja maka rezekinya akan cukup. Pun sama halnya jika suami saja yang bekerja. Meski tidak bekerja secara harfiah, ternyata sang istri turut andil dalam membuka jalan rezeki sang suami. Perilaku seorang istri yang taat ini lah yang bisa berdampak terhadap banyak sedikitnya rezeki sang suami. Baiklah, langsung saja kita simak beberapa ciri istri yang dapat meningkatkan rezeki suami dan keluarga :

1. Wanita yang Taat pada Allah SWT dan Rasul- Nya
Setidaknya ada empat hal yang perluu dipertimbangkan seorang pria ketika akan menikahi seorang wanita, yaitu pertama karena kecantikannya, kedua karena keturunannya, ketiga hartanya dan keempat agamanya.

Dari keempat hal ini, tentu saja faktor agama adalah yang terpenting dan harus diutamakan. Jika seorang wanita menjunjung tinggi agama, maka sudah pasti ia adalah insan yang taat pada Allah SWT dan Rosul- Nya. Wanita seperti ini akan membawa rumah tangga menuju surge, serta menciptakan rumah yang penuh dengan ketentraman. Dengan begitu, keluarga akan penuh dengan keceriaan dan kebahagiaan. Ini lah salah satu rezeki yang sangat berharga dalam sebuah rumah tangga.

2. Wanita yang Taat pada Suaminya
Rasulullah pernah meriwayatkan hadits kepada H.R Tirmidzi dan Ibnu Majah yang berbunyi : “Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain niscaya aku akan menyuruh seorang isteri untuk sujud kepada suaminya”.

Hadist itu adalah salah satu pertanda bahwa menurut Rasulullah sendiri, seorang istri harus mentaati perintang suaminya, selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan agama. Selain itu, salah satu ayat Al-Qur’an juga pernah mengingatkan tentang pentingnya seorang wanita untuk taat terhadap suaminya :
“Laki-laki adalah pemimpin atas wanita karena Allah telah melebihkan sebagian dari mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan dengan sebab sesuatu yang telah mereka (laki-laki) nafkahkan dari harta-hartanya. Maka wanita-wanita yang saleh adalah yang taat lagi memelihara diri di belakang suaminya sebagaimana Allah telah memelihara dirinya”. (Q.S. An Nisa : 34).

Istri yang taat akan menjadi pendukung terbesar untuk kesuksesan seorang suami. Seorang suami akan menjadi lebih tenang dan damai, sehingga ia bisa fokus melakukan yang terbaik dalam kewajibannya mencari rezeki yang halal untuk keluarga. Ada kalanya seorang istri juga ingin membantu suami dengan berkarir di luar rumah. Hal ini tidak masalah selama suami mengizinkan. Meski demikian, perempuan harus bisa menjaga dirinya dengan baik selama berada di luar rumah.

3. Istri yang Ikhlas Melayaninya Suaminya dengan Baik
Saat menikah, seorang istri wajib mengetahui apa saja yang menjadi tugas dan kewajibannya. Salah satu yang utama adalah melayani suami dengan baik serta mendidik anak- anaknya. Istri yang sholehah akan tulus melayaninya suaminya dengan baik, seperti menyiapkan keperluan pekerjaan, memasak untuk makan keluarga, bersih- bersih rumah, mendukung suami dalam suka dan duka, serta memenuhi kebutuhan biologis suami.Melayani suami, mulai dari hal remeh temeh sampai menjadi pendukung setianya akan membuat rumah tangga terasa hangat dan suami semakin sayang terhadap istri sehingga tercipta lah keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah. Hal- hal baik seperti ini akan dapat menarik hal- hal positif dalam rumah tangga dan menarik rezeki yang halal untuk keluarga.

4. Istri yang Hanya Berhias untuk Suaminya
Tidak perlu mengikuti zaman, tidak perlu juga mengumbar kecantikanmu untuk seluruh dunia. Sebaik- baiknya istri adalah mereka yang tampil cantik untuk membahagiakan suaminya, bukan untuk menjadi ajang pamer seluruh dunia. Seorang istri yang dipandang menyenangkan oleh suaminya dan membuat suami selalu bahagia dengan kecantikannya akan membuat malaikat- malaikat ikut berdoa agar Allah memudahkan rezeki datang ke kelaurganya.

5. Menjaga Kehormatan dan Harta Suami Ketika Suami Tidak Ada
Sudah lumrah jika suami keluar rumah demi mencari nafkah untuk keluarga. Sebagai seorang istri yang sholehah, maka harus mampu menjaga kehormatannya. Ia harus menjaga diri drai tamu yang tidak pantas, membatasi diri dari keluar rumah untuk urusan yang tidak penting dan juga menjaga harta yang ditinggalkan sang suami dan menggunakannya atas izin suaminya.

Wanita yang bisa menjaga kehormatannya dan harta suaminya ini lah salah satu ciri istri yang dapat membuat rezeki semakin mudah masuk ke dalam rumah. Atas ketaatannya terhadap Allah dan kesetiaan terhadap suami, sang istri akan mendapatkan hadiah berupa rezeki yang dimurahkan oleh Allah SWT.

6. Istri yang Selalu Meminta Ridha Suami
Ketika seorang wanita sudah menjalin ikatan pernikahan, maka ridha suami atasnya adalah ridha dari Allah SWT. Maka dari itu, ridha suami ini sendiri adalah salah satu cara untuk menyenangkan hati suami dan menjaga perasaan suaminya. Sang istri akan selalu berhati- hati dalam bersikap agar suami tidak pernah marah terhadapnya. Sang istri tidak akan tidur dalam keadaan marah atau meninggalkan suaminya dalam keadaan marah sampai mendapatkan kata maaf.

Rasulullah pernah bersabda :
”Maukah kalian kuberitahu isteri-isteri yang menjadi penghuni surga yaitu isteri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya, dimana jika suaminya marah dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata ” Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha” (H.R.An Nasai).

Istri- istri yang demikian ini adalah calon penghuni surga dan membuat istri semakin dimudahkan rezekinya melalui tangan suaminya karena ketaatan dan kesetiaan sang istri terhadap suami.

7. Seorang Istri yang Menerima Pemberian Suami dengan Ikhlas
Ada kalanya suami belum bisa memberi lebih pada sang istri karena factor tertentu. Hal seperti ini bisa terjadi di rumah tangga mana pun. Ketika ini terjadi, maka sang istri hendaknya tidak mengeluh pemberian yang baru bisa diberikan sang suami. Istri hendaknya selalu menerima dengan ikhlas betapa pun kecilnya pemberian suami kepadanya. Seorang istri yang senantiasa bersyukur dan ikhlas ini dapat memperderas rezei di kemudian hari, baik secara kuantitas atau pun keberkahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT melalui suaminya.

8. Istri yang Menjadi Shaabat dalam Meraih Ridha Allah
Rumah tangga adalah lahan ibadah dan pengabdian diri seorang istri kepada suaminya. Maka dalam berumah tangga, istri sebaiknya bisa menjadi rekan diskusi yang berimbang untuk suaminya. Ketika sang suami salah menelaah sesuatu, maka sang istri wajib mengoreksi dan membenarkan suami dengan perkataan yang lembut.

Hidup di dunia ini sangat lah singkat. Ketika seorang istri bisa menjadi sahabat terbaik untuk mencari ridha di jalan Allah, maka kebahagiaan sejati dalam rumah tangga bisa diraih bersama- sama. Ibarat pepatah, “Dibalik pria yang sukses selalu ada wanita hebat di belakangnya.” Hal yang sama juga berlaku dalam rumah tangga Islami.

9. Istri yang Selalu Mendoakan Suaminya
Doa selalu memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menguatkan, merubah dan memperbaiki keadaan. Seorang wantia sholehah selalu menerima takdir dari Allah SWT, namun ia tetap berusaha untuk mendoakan suami dan putra- putrinya agar sukses dunia dan akhirat. Bagi istri yang baik, berdoa untuk suami dan keluarga adalah rutinitas rutin yang menjadi penghias bibir. Dengan kekuatan doa, sang istri adalah pengundang rezeki bagi suami dan keluarga karena ia selalu melengkapi setiap langkah- langkah kecil suaminya dengan perlindungan dan ridha dari Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *